Selasa, 25 Juni 2013

Ukuran Banner Web Iklan

 Ukuran Web Banner Iklan

Apa Itu Web Banner- Spanduk web (bahasa Inggris: web banner atau banner ad) adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan Internet. Bentuk iklan daring ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman web yang dipakai untuk menarik perhatian penjelajah supaya mengunjungi situs web yang dimaksud. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), skrip Java, dan objek multimedia lainnya. Spanduk modern bahkan sudah disertai suara dan animasi sehingga terlihat lebih menarik. Ada berbagai ukuran yang dipakai, mulai dari yang sangat kecil, melebar, memanjang, hingga yang melintang. (wikipedia)
  • Standar Ukuran Banner/ Iklan Website
Banner adalah Sebuah media promosi berupa iklan dalam bentuk hanya sekedar tulisan atau bergambar dalam ukuran tertentu yang dipasang dalam sebuah halaman website tertentu dan mengandung pranala/ link yang akan menuntun ke halaman website yang dituju/ yang dipromosikan tersebut.
Banner dapat berupa text, text animasi, gambar animasi warna-warni, kedip-kedip, maju mundur dan sebagainya dan biasanya Desain Web Banner memiliki format file .JPG .PNG .GIF dan .SWF / flash.
Banyak Perusahaan saat ini menggunakan Web Banner ini sebagai alat promosi media online di Internet. Namun masih banyak perusahaan yang membuat ukuran/ size banner itu sendiri menurut seleranya masing masing, sehingga terkadang terlihat kurang menarik karena ukurannya yang tidak pas dengan website tempate/ theme dan terkadang malah membuat error tampilan website (acak acakan).



Ukuran standar sebuah banner yang standar yang populer biasanya adalah:
  • Leaderboard (728 x 90 pixel)
  • Full Banner (468 x 60 pixel)
  • Half Banner (234 x 60 pixel)
  • Rectangle (180 x 150 pixel)
  • Square Button (125 x 125 pixel)
  • Micro Bar (88 x 31 pixel)
  • Skyscraper (120 x 600 pixel)
  • Wide Skyscraper (160 x 600 pixel)
  • Large Rectangle (336 x 280 pixel)
Untuk lebih memperjelas, dibawah ini gambaran mengenai ukuran standar Web Banner Definisi dan Contoh yang disadur dari wikipedia 
 Web Banner Definisi dan Contoh

Dari semua ukuran diatas ada 4 hal yang paling sering digunakan utk web promo yaitu :

  1. Full Banner 468 x 60 pixel

  2. Large Rectangle 336 x 280 pixel

  3. Skyscrapper 120 x 600 pixel

  4. Square Button 125 x 125 pixel

 

Jenis Ukuran Standar Web Banner

Semakin menarik tulisan/gambar yang ada dalam banner, akan semakin membuat orang tertarik untuk klik banner tersebut. Dari bentuknya, banner dibagi menjadi 3:
  • 4 persegi panjang dan pop-ups
  • Banner dan tombol
  • Pencakar langit (memanjang ke bawah)
Dari isinya/gambarnya dibagi menjadi 2:
  • Statis, gambar/tulisan diam.
  • Dinamis / Animasi , gambar/tulisan bergerak/berubah-ubah. Animasi bisa dalam bentuk file .gif atau flash.
Banner merupakan suatu simbol, logo, slogan yang memiliki suatu pesan tertentu (wikipedia).  Saat ini web banner merupakan salah satu alat promosi berupa gambar, simbol yang terdapat di dalam suatu website.  Web Banner yang menarik dan atraktif dapat membuat pengunjung berkesan untuk melihat iklan banner anda.
Jika kita sering membuka detik.com atau kompas.com atau beberapa media online disana terdapat web banner yang beragam, yang pada intinya ingin menarik perhatian pengunjung agar meng-klik banner itu dan masuk ke dalam website anda/penawaran promosi.  Web banner saat ini merupakan suatu media yang cukup ampuh agar produk/website yang anda tawarkan dilirik oleh para pengunjung internet.

Kemudian beberapa media promosi adsense seperti Google Adsense, Innity, Kliksaya, Kumpulblogger serta beberapa progam PPC atau PTC menggunakan Iklan bergambar dengan berbagai ukuran.  Dan menurut survey banyak pengunjung internet lebih tertarik mengklik iklan dalam bentuk gambar.


Web banner terdiri berbagai ukuran tergantung keperluan anda, yang pastinya semakin besar web banner anda maka semakin besar pula peluang untuk dilihat oleh pengunjung.  Tetapi terkadang banyak pengunjung website yang merasa terganggu dengan ada nya web banner ini, tetapi permasalahnya terletak pada desain, dan atraktif serta ketertarikan di dalam web banner tersebut.  Web Banner yang baik dan menarik pasti membuat pengunjung pun tidak merasa terganggu dan malah ingin melihat lebih jauh apa-apa yang akan ditampilkan dalam banner tersebut.

Selain itu juga ada 2 jenis web banner yaitu Web Banner Statis dan Web Banner Animasi, untuk lebih jelasnya mengenai Jasa Pembuatan Web banner, Hubungi Kami  Klik Disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar